Tahun-Tahun Terakhir Subaru Legacy, Suntik Mati Setelah 2025

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Tahun-Tahun Terakhir Subaru Legacy, Suntik Mati Setelah 2025
0  komentar

AutonetMagz.com – Bagi kalian para Subarist, nama Subaru Legacy tentunya tidak asing di telinga kalian. Sebuah sedan bongsor yang sudah menghiasi line up Subaru sejak tahun 1989 ini nampaknya tidak akan bertahan lebih lama lagi eksistensinya. Kabar terbaru yang kami dapatkan, Subaru Legacy akan segera disuntik mati setelah tahun 2025 mendatang. Kenapa? Yuk kita bahas lebih lanjut.

Stop Produksi di 2025

Dalam rilis resmi yang disampaikan oleh Subaru US, mereka berencana untuk menyuntik mati Subaru Legacy di akhir tahun 2025 mendatang. Mid-Size Sedan Subaru ini juga punya versi station wagon yang kita kenal dengan nama Subaru Outback. Namun, kabar discotinue hanya terjadi pada Subaru Legacy saja. Secara rinci, Subaru Legacy akan dihentikan produksinya di pabrik perakitan mereka di New Indiana Plant pada musim semi tahun ini. Artinya, sisa stok diprediksi hanya akan ada hingga akhir tahun 2025 saja. Subaru juga tidak akan menaikkan harga mobil ini sehingga harganya masih sama seperti tahun ini.

Sejarah Subaru Legacy

Nama Subaru Legacy sendiri sebenarnya termasuk model yang punya nilai historis yang kuat. Mobil ini muncul di tahun 1989 sebagai flagship model Subaru di Jepang dan Amerika Utara yang menawarkan sistem gerak AWD dan mesin boxer sebagai standar. Gen 2 dan gen 3 nampaknya menjadi model yang cukup ikonik, terutama bagi generasi 80 hingga 90-an. Di Jepang sendiri, nama Subaru Legacy telah lebih dahulu tutup usia di tahun 2019 silam. Sehingga nama Subaru Legacy sebenarnya hanya berhenti di generasi ke 6 saja di negeri asalnya. Namun, beda cerita dengan pasar Amerika dan Amerika utara.

Subaru masih bisa memperpanjang napas dari Legacy dengan memasuki generasi ke 7 yang menggunakan basis Subaru Global Platform dengan kode body BW / BT. Namun, harus diakui bahwa dominasi SUV dan turunnya pasar sedan sangat berpengaruh pada Subaru Legacy. Dalam 7 tahun terakhir, penjualan Subaru Legacy konsisten turun di Amerika. Bahkan, angka terendah terjadi di 2021 dan 2022 walaupun sempat naik sedikit di tahun 2023 kemarin. Sebagai perbandingan, penjualan Subaru Outback yang notabene adalah versi station wagon crossover dari Legacy mencapai hampir 8 kali lipat dari Legacy. Signifikan.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: