PEVS 2024 : BYD Umumkan Akan Bangun Pabrik Perakitan Baru di Subang!

by  in  Berita & BYD & Merek Mobil
PEVS 2024 : BYD Umumkan Akan Bangun Pabrik Perakitan Baru di Subang!
0  komentar

AutonetMagz.com – Pada PEVS tahun ini, BYD memang tidak memperkenalkan produk atau program baru. Namun, PT BYD Motor Indonesia mengumumkan langkahnya membangun pabrik perakitan kendaraan listrik di Indonesia. Hari ini, PT BYD Motor Indonesia telah menandatangani kesepakatan kerja sama dengan PT Suryacipta Swadaya, yang merupakan developer dari Kawasan Industri Subang Smartpolitan.

Beroperasi Mulai Awal 2026

Kawasan industri Subang Smartpolitan terintegrasi dengan berbagai infrastruktur nasional yang strategis. Lokasi ini dapat diakses melalui Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di KM 89 yang sedang dalam tahap pengembangan. Selain itu, kawasan juga dekat dengan Jalan Tol Akses Patimban yang langsung terhubung ke Pelabuhan Patimban, Bandara Internasional Kertajati, dan Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan menuju Jakarta, Bandung, dan kota-kota lain di Jawa Barat dan Tengah.

ilustrasi pabrik BYD

Fasilitas produksi EV BYD akan dibangun di area Fase 2 Subang Smartpolitan, khususnya di bagian utara kawasan tersebut. Rencananya, BYD akan menggunakan lahan terbesar seluas lebih dari 108 hektar. Setelah penandatanganan kesepakatan antara kedua belah pihak, proses selanjutnya adalah serah terima lahan yang akan dilakukan pada bulan Agustus 2024. BYD merencanakan operasional pembangunan bertahap dan diperkirakan mulai beroperasi pada bulan Januari 2026.

ilustrasi pabrik BYD

Dorong Pertumbuhan Industri

Melalui berbagai penilaian, BYD memutuskan bahwa Kawasan Industri Subang Smartpolitan tepat untuk menjadi lokasi pengembangan industri  EV BYD di Indonesia. Kawasan industri ini dapat memenuhi kriteria, baik dari segi luas, jarak, lingkungan, maupun infrastruktur yang kami perlukan, sehingga kami yakin bahwa fasilitas yang terbangun nantinya akan mampu mendorong pertumbuhan industri otomotif Indonesia dan transisi menuju energi bersih, serta sekaligus mendukung perekonomian negara khususnya wilayah sekitar,” ujar Eagle Zhao, selaku Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia.

Read Prev:
Read Next: